hidrolik




Hidrolik
Dewasa ini banyak sekali cabang ilmu di bidang pesawat tenaga, salah stunya adalah hidrolik. Salah satu kelebihan pesawat tenaga hidrolik adalah fleksibilitasnya, bahkan pesawat tenaga jenis ini adalah salah satu alat yang paling serbaguna dalam memodifikasi gerakan dan pemindahan tenaganya.kata hidrolik berasal dari bahasa yunani. Kata asalnya adalah hidor yang berarti cairan. Sekarang ini hidrolik banyak sekali digunakan pada industri maju, contoh penggunaanya seperti pada forklift, yang sudah tentu pasti kita lihat di industri, dan banyak alat berat lainya yang menggunakan hidrolik.
Prinsip kerja sistem hidrolik
Pada sistem hidrolik, fluida cair atau minyak pelumas berfungsi sebagai penerus gaya. Terdapat dua hubungan yang erat yaitu antara cairan fluida (minyak mineral) dan menghasilkan gerak mekanik, maka di dalamnya terdapat bidang hidromekanika atau mekanika fluida.
Jika diperhatikan lebih seksama lagi maka hidromekanika terdapat dua kelompok utama, yaitu hidrostatik dan hidrodinamik.
Hidro statik yaitu mekanika fluida yang diam. Banyak berhubungan dengan teori teori persamaan dalam kondisi keseimbangan dalam fluida. Termasuk dalam hidrostatik murni (pemindahan gaya dalam fluida), contohnya adalah pesawat itu sendiri.
Hidrodinamika adalah mekanika fluida yang bergerak. Banyak berhubungan dengan teori teori aliran fluida karena di dalamnya terdapat pula fluida yang mengalir.
Jadi perbedaan yang pokok dari kedua sistem tersebut adalah dilihat dari fluida cair itu sendiri. Pertama karena fluida cair itu bergerak akibat dibangkitkan oleh suatu penggerak uatama dari pompa hidrolik. Kedua karena fluida cair tersebut bergerak akibat beda potensial  di permukaanya yang mengandung energi seperti pada pembangkit tenaga hidro.
Prinsip dasar dari hidrolik adalah karena sifatnya yang sangat sederhana. Zat cair tidak mempunyai bentuk yang tetap. Bentuknya mengikuti dari ruang. Sifat zat cair pada kenyataanya tidak dapat terkompresi atau dipadatkan. Hal ini berbeda dengan fluida gas atau udara. Berdasarkan sifat itulah maka pesawat hidrolik dapat menghasilkan penambahan kelipatan besar pada gaya kerjanya.

One Response to hidrolik

  1. fajar says:

    tulisan yang anda buat sangat menarik, saya juga punya tulisan yang menarik, kamu bisa kunjungi di http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2639/1/Kommit2000_Elektro_001.pdf

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.